PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN ETOS KERJA GURU PENJAS TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJAS DI SMP NEGERI KABUPATEN TASIKMALAYA - Dede Heryanto
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN ETOS KERJA GURU PENJAS TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJAS DI SMP NEGERI KABUPATEN TASIKMALAYA


Created by :
Dede Heryanto

Subject :

[ Description ]

Efektivitas proses belajar mengajar penjas yang baik merupakan hal yang sangat diharapkan agar hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan akhir dari proses belajar mengajar penjas itu sendiri, banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajar mengajar penjas, diduga faktor manajemen kelas yang dilakukan oleh guru penjas dan etos kerja guru penjas itu sendiri memiliki pengaruh yang besar terhadap efektivitas proses belajar mengajar penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang efektivitas proses belajar mengajar penjas, dilihat dari pengaruh faktor manajemen kelas dan etos kerja guru penjas. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif yang dapat dianalisis dengan teknik analisis korelasi dan regresi Pearson Product Moment (PPM), sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari manajemen kelas terhadap efektivitas proses belajar mengajar penjas sebesar 45,6 %; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari etos kerja guru penjas terhadap efektivitas proses belajar mengajar penjas sebesar 42,5 %; dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari manajemen kelas dan etos kerja guru penjas secara simultan terhadap efektivitas proses belajar mengajar penjas sebesar 54,9 % . Sedangkan 50,7 % pengaruhnya dari faktor lain. Dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar penjas, manajemen kelas memberikan pengaruh yang besar, karena dengan manajemen kelas yang baik yang dilakukan guru penjas dalam pelaksanaan proses belajar mengajar menjadikan proses belajar mengajar penjas semakin efektiv, demikian juga halnya dengan etos kerja guru penjas yang baik dimana guru penjas yang memiliki etos kerja yang tinggi akan menjadikan guru penjas bekerja penuh dengan semangat dan tanggung jawab yang tinggi, sehingga dapat menjadikan proses belajar mengajar penjas semakin efektif.

Keyword : manajemen kelas, etos kerja guru, efektivitas proses belajar mengajar.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5 (2014)
Date Create : September 2014
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1111
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal