PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT, MOTIVASI BELAJAR, DAN MEDIA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA - Dewi Nurdamayanti
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT, MOTIVASI BELAJAR, DAN MEDIA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA


Created by :
Dewi Nurdamayanti

Subject :

[ Description ]

Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa. Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor intern dan ekstern, faktor intern yang dikaji dalam penelitian ini adalah intelligent quotient dan motivasi belajar, sedangkan faktor ekstern adalah media ICT. Jika tingkat IQ yang tinggi didukung oleh motivasi belajar dan pemanfaatan ICT sebagai media belajar maka diharapkan akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Penulisan ini melaporkan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh intelligent quotient (IQ) terhadap prestasi belajar, 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 3) Pengaruh media ICT terhadap prestasi belajar, 4) Pengaruh intelligent quotient (IQ), motivasi belajar dan media ICT terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelligent quotient (IQ) terhadap prestasi belajar, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 3) Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan antara media ICT terhadap prestasi belajar, 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelligent quotient (IQ), motivasi belajar dan media ICT terhadap prestasi belajar.

Keyword : prestasi belajar, IQ, motivasi belajar, media ICT.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5 (2014)
Date Create : September 2014
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1115
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal