STUDI TENTANG PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN GURU PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU (Penelitian di SD Kecamatan Langensari Kota Banjar) - Eko Herdiansyah
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

STUDI TENTANG PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN GURU PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU (Penelitian di SD Kecamatan Langensari Kota Banjar)


Created by :
Eko Herdiansyah

Subject :

[ Description ]

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendidikan lebih bersifat umum dan untuk kebutuhan seseorang, merupakan suatu proses belajar mengajar dengan serangkaian kegiatan yang berlangsung relatif lama dan diselenggarakan dengan pendekatan yang formal bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan mentransfer sejumlah teori sebagai landasan dalam bersikap dan bertindak, yang dapat berguna baik untuk masa sekarang maupun yang akan datang. Sementara itu, Pelatihan lebih bersifat khusus, merupakan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan atau kemampuan kerja individu atau sekelompok orang, yang sudah bekerja pada suatu organisasi tertentu, agar lebih menjadi efisien, efektif. Pelatihan juga dimaksudkan untuk peningkatan produktivitas kerja pegawai, yang bersifat lebih terarah dan lebih menekankan pada praktek, dan pada akhirnya, individu tersebut diharapkan mampu melakukan pekerjaannya dengan lebih optimal dan berkualitas. Rumusan masalah adalah: 1) Bagaimana pengaruh pengembangan guru terhadap kinerja guru? 2) Bagaimana pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru? 3) Bagaimana pengaruh pengembangan dan pelatihan guru terhadap kinerja guru? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pengembangan guru terhadap kinerja guru. 2) Pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru. 3) Pengaruh pengembangan dan pelatihan guru terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif. Unit analisis adalah guru dengan jumlah responden sebanyak 72 orang. Pengolahan data statistik menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan guru di SD Negeri Kecamatan Langensari Kota Banjar pada umumnya berada pada kriteria aktif. Hasil pengujian terhadap hubungan pengembangan guru dan kinerja guru termasuk dalam kategori korelasi sedang. Selanjutnya pengembangan guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru, artinya semakin aktif dalam pengembangan guru maka cenderung semakin meningkat kinerja guru. 2) Pelatihan guru di SD Negeri Kecamatan Langensari berada pada kriteria sering melakukan pelatihan. Hasil pengujian terhadap hubungan antara pelatihan guru dan kinerja guru termasuk dalam kategori korelasi sedang. Selanjutnya pelatihan guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru, artinya semakin sering guru melakukan pelatihan maka cenderung semakin meningkat kinerja guru. 3) Kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Langensari Kota Banjar pada umumnya berada pada kriteria efektif. Pengujian hubungan antara pengembangan dan pelatihan guru dengan kinerja guru mempunyai hubungan yang kuat. Selanjutnya pengembangan dan pelatihan guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru, artinya semakin aktif guru dalam pengembangan dan pelatihan maka cenderung semakin meningkat kinerja guru.

Keyword : pengembangan, pelatihan, dan kinerja guru.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5 (2014)
Date Create : September 2014
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1116
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal