STRATEGI MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1, 2 DAN 4 KOTA TASIKMALAYA - Elis Lismayati
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

STRATEGI MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1, 2 DAN 4 KOTA TASIKMALAYA


Created by :
Elis Lismayati

Subject :

[ Description ]

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pemahaman Kepala Sekolah dan Guru tentang prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya?; (2) Bagaimana tujuan dan program meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya?; (3) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan strategi meningkatkan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya?; (4) Bagaimana indikator-indikator keberhasilan strategi meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya?; dan (5) Bagaimana hambatan-hambatan dalam meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya? Objek dalam penelitian adalah SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya, SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya dan SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya yang ada dilingkungan Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik analisis data dalam pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pemahaman Kepala Sekolah dan Guru tentang prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya, sudah mengetahui dan paham tentang konsep prestasi sekolah. Sementara itu pemahaman mereka tentang konsep prestasi sekolah masih dangkal. Tujuan dan program meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya, dilihat dari tujuan umum dan tujuan khususnya. Tujuan umum yang diungkap oleh masing-masing sekolah disesuaikan dengan visi dan misi yang diemban oleh sekolah itu sendiri. Langkah-langkah pelaksanaan strategi meningkatkan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya, yakni membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melaksanakan program yang telah ditentukan. Indikator-indikator keberhasilan strategi meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya, dilihat dari memiliki orientasi kearah efektivitas proses pembelajaran tercermin dalam apresiasi guru terhadap pengembangan kurikulum dan implikasinya, kreativitas guru dalam aplikasi model pembelajaran dan teknologi pembelajaran, gaya kepemimpinan, penerapan sistem pengelolaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berdaya guna melalui jenjang pendidikan formal dan non formal, budaya mutu sekolah, tingkat kemandirian sekolah. Hambatan-hambatan dalam meningkatan prestasi sekolah di SMP Negeri 1, 2 dan 4 Kota Tasikmalaya, Hambatan yang dihadapi dalam rangka pencapaian program sekolah terletak pada SDM sekolah, baik itu guru, staf tatausaha dan stakeholders sekolah lainnya.

Keyword : strategi, prestasi sekolah.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5 (2014)
Date Create : September 2014
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1117
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal