PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN SUMEDANG - Endi Rohaendi
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN SUMEDANG


Created by :
Endi Rohaendi

Subject :

[ Description ]

Masalah penelitian diduga bahwa produktivitas kerja guru saat ini masih rendah. Rendahnya produktivitas kerja guru tersebut, disebabkan oleh iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja guru. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh antara iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru pada SD Negeri Kabupaten sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan deskriptif analisis. Sampel menggunakan random sampling sejumlah 100 responden dari populasi 7065 guru SD Negeri di Kabupaten Sumedang. Intrumen angket dengan Skala Likert. Analisis kolerasi dan regresi dengan bantuan program SPSS 17. Hasil penelitian diinformasikan bahwa (1) iklim organisasi sekolah terhadap produktivitas kerja guru adalah signifikan dan pengaruhnya termasuk cukup tinggi; (2) motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru adalah signifikan dan pengaruhnya termasuk cukup tinggi; (3) iklim organisasi sekolah dan motivasi kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja guru adalah signifikan dan pengaruhnya termasuk cukup tinggi. Kontribusi 28,3% dan sisanya 72,7% ditentukan oleh variabel lain seperti: etos kerja, kompensasi, kepuasan, liyalitas, pelayanan, negosiasi, mutu pendidikan, komitmen terhadap tugas, keterampilan, kesehatan dan kemampuan fisik,sikap terhadap teman, sistem insentif, kepuasan kerja, disiplin kerja,promosi, kesetiaan guru dan lainnya. Disarankan (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang hendaknya selalu menjalin kerjasama yang harmonis dengan Kepala Sekolah Dasar di kabupaten Sumedang, melalui pembinaan Kepala Sekolah untuk meningkatkan produktivitas kerja para guru; (2) Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang hendaknya selalu membangun: tanggung jawab, minat terhadap tugas, dan penghargaan terhadap guru yang berprestasi melalui pemberian hadiah atau penghargaan (reward) dan menghukum guru yang tidak disiplin; (3) Guru SD sebaiknya perlu ditingkatkan motivasi kerja melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan struktural dan pendekatan proses. Pendekatan struktural meliputi: otonomi, variasi tugas, signifikansi tugas, identitas tugas, dan feed back. pendekatan proses adalah melakukan berbagai proses keorganisasian untuk menciptakan adanya saling percaya di antara guru,saling membantu, mengurangi munculnya kelemahan manusia, dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru, di antaranya dapat dilakukan melalui: (a) meningkatkan hubungan iklim organisasi sekolah antara guru-kepala sekolah sekolah-pegawai sekolah, (b) menungkatkan disiplin kerja, dan (c) bimbingan; serta (4) Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Sumedang hendaknya mengadakan pengawasan rutin dan berkala dan memberi bantuan kepada para pengawas agar terjadi peningkatan produktivitas kerja di SD Kabupaten Sumedang melalui penataran-lokakarya-seminar.

Keyword : iklim organisasi sekolah, motivasi kerja, dan produktivitas kerja guru.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 2, No 5 (2014)
Date Create : September 2014
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1118
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal