SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN (Studi pada SD di UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungtanjung) - Tatang Hermawan
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN (Studi pada SD di UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungtanjung)


Created by :
Tatang Hermawan

Subject :

[ Description ]

Inovasi Pembelajaran menjadi target semua stakeholders sekolah. Sebab melalui inovasi pembelajaran akan tercipta proses penyelenggaraan program sekolah secara efektif dan efesien. Hasil studi pendahuluan diketahui bahwa untuk mewujudkan Inovasi Pembelajaran tentunya bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Dua faktor yang dianggap dominan adalah supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap Inovasi Pembelajaran?; 2) Bagaimana pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap Inovasi Pembelajaran?; dan 3) Bagaimana pengaruh supervisi akademik dan kompetensi manajerial kepala sekolah secara bersama-sama terhadap Inovasi Pembelajaran?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Ingin mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap Inovasi Pembelajaran; 2) Ingin mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap Inovasi Pembelajaran; dan 3) Ingin mengetahui pengaruh supervisi akademik dan kompetensi manajerial kepala sekolah secara bersama-sama terhadap Inovasi Pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SD di UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungtanjung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan regresi, baik parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan atas variabel dan dimensi-dimensi pada masing-masing variabel dapat disimpulkan sebagai berikut: Supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif terhadap inovasi pembelajaran. Artinya, semakin tinggi supervisi akademik kepala sekolah, maka akan semakin tinggi pula inovasi pembelajaran. Kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap inovasi pembelajaran. Artinya semakin tinggi kompetensi manajerial kepala sekolah, maka akan semakin tinggi pula inovasi pembelajaran. Supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap inovasi pembelajaran, artinya semakin tinggi supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi manajerial kepala sekolah secara bersama-sama, maka akan semakin tinggi pula inovasi pembelajaran.

Keyword : supervisi akademik, kompetensi manajerial kepala sekolah, inovasi pembelajaran.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 3, No 1 (2015)
Date Create : Januari 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1164
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal