PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR LARI CEPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTOR ABILITY (Studi di SMP Negeri 4 Padalarang Kabupaten Bandung Barat) - Teten Jaenal Asikin
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR LARI CEPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTOR ABILITY (Studi di SMP Negeri 4 Padalarang Kabupaten Bandung Barat)


Created by :
Teten Jaenal Asikin

Subject :

[ Description ]

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan komando terhadap hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability siswa, (2) Apakah penerapan model pembelajaran komando dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability siswa, (3) Mana yang lebih besar hasilnya antara penerapan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan model pembelajaran komando dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability siswa. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah secara teoritis diperolehnya konsep-konsep tentang model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan model pembelajaran komando, bagaimana bentuk pelaksanaannya, dan bagaimana peranannya dalam meningkatkan hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability siswa yang dapat dijadikan rujukan pengembangan keilmuan dalam dunia pendidikan khususnya pada bidang pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga. Terkhusus bagi penulis sendiri, hasil penelitian ini diharapkan dapat manambah wawasan keilmuwan dalam menekuni dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 36 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan temuan di atas maka hasil pembahasan temuan ini adalah: perbandingan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan komando terhadap hasil belajar lari cepat ditinjau dari kemampuan motor ability. Besarnya perbandingan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) yaitu sebesar 16.36, dan besarnya komando terhadap hasil belajar lari cepat yaitu sebesar 11.89, maka terdapat perbandingan yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan komando terhadap hasil belajar lari cepat. Berdasarkan perhitungan setelah diuji dengan pengujian hipotesis ternyata perbedaan rata-rata tersebut signifikan dengan hasil penghitungan t hitung yaitu 4.37 lebih besar dari t tabel 1.68.

Keyword : pembelajaran kontekstual dan komando, lari cepat, dan kemampuan motor ability.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 3, No 1 (2015)
Date Create : Januari 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1165
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal