EFEKTIVITAS KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Pada SMAN Se-Kota Tasikmalaya) - Durotul Faridah
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

EFEKTIVITAS KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN (Studi Pada SMAN Se-Kota Tasikmalaya)


Created by :
Durotul Faridah

Subject :

[ Description ]

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kinerja guru bersertifikasi yang berada di SMAN Se Kota Tasikmalaya yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Sehingga penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Sampel yang diambil bersifat purposive, dimana guru responden yang diteliti merupakan guru bersertifikasi dengan rentang sertifikasi awal (2007-2008), sertifikasi pertengahan (2009-2010) dan sertifikasi akhir (2011-2012). Temuan penelitian memperlihatkan bahwa responden melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat administrasi pembelajaran. Pembuatan administrasi pembelajaran dilakukan bersama-sama dengan tim dalam satu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di sekolah masing-masing. Dalam hal pelaksanaan pembelajaran, para guru melakukan tiga tahap kegiatan yang meliputi keagiatan awal, kegiatan inti serta kegiatan penutup. Pada penilaian yang menjadi acuan adalah KKM dengan pendekatan penilaian acuan patokan ( PAP ).

Keyword : kinerja guru, sertifikasi, mutu pembelajaran.
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 3, No 1 (2015)
Date Create : Januari 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1167
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal