OPTIMALISASI KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap) - Maftukh Robani
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

OPTIMALISASI KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap)


Created by :
Maftukh Robani

Subject :

[ Description ]

Sumber Daya Manusia (SDM) menempati kedudukan yang paling vital. Memang diakui bahwa biaya itu penting. Demikian pula sarana, prasarana dan teknologi. Namun ketersediaan sumbersumber daya itu menjadi sia-sia apabila ditangani oleh orang-orang yang tidak kompeten dan kurang komitmen. Upaya-upaya untuk merencanakan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan (SDM), mengadakan, menyeleksi, menempatkan dan memberi penugasan secara tepat telah menjadi perhatian penting pada setiap sekolah yang kompetitif. Demikian pula kebijakan kompensasi (penggajian dan kesejahteraan) dan penilaian kinerja yang dilakukan dengan adil dan tepat dapat melahirkan motivasi berprestasi pada para tenaga pendidik dan kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap. 2) Hambatan-hambatan apa yang dihadapi tenaga pendidik dan kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap. 3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatanhambatan kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan d adalah deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis mendeskripsikan apa adanya tentang optimalisasi tenaga pendidik dan kependidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Nusawungu Kabupaten Cilacap pada umumnya telah sesuai standar kompetensi guru. Hal ini terlihat dari sejumlah guru PNS telah memiliki kualifikasi akademik S1 sebagaimana yang dipersyaratkan, jumlah tenaga kependidikan/tenaga pendukung telah memadai baik dilihat dari kompetensi maupun formasinya dan pengalaman kerja guru yang pada umumnya di atas 16 tahun. 2) Hambatanhambatan diantaranya sebagai berikut: a) Masalah yang dihadapi pengawas diantaranya pada umumnya pengawas belum sesuai dengan keahliannya dan untuk diklat teknik kepengawasan yang menyangkut peningkatan kompetensi pengawas, baik supervisi manajerial maupun akademik belum seluruhnya mendapatkan pelatihan. b) Masalah yang Dihdapi Guru, diantaranya dilihat dari kualifikasi akademik guru-guru pada SMP Negeri 1 Nusawungu masih ada yang belum berkualifikasi S.1/A4, sertifikasi guru, beban kerja (mengajar) masih kuarang 24 jam pelajaran perminggu, masa kerja kurang 10 tahun. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan kinerja tenaga pendidik dan kependiidkan dalam meningkatkan mutu pendidikan didasarkan pada program pengembangan kinerja guru pada SMP Negeri 1 Nusawungu telah tertuang dalam program Rencana Strategis (RENTRA).

Keyword : kinerja pendidik, kinerja kependidikan, mutu pendidikan .
Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan Vol. 3, No 1 (2015)
Date Create : Januari 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1171
Format : pdf
Language: Bahasa Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal