Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Jasmani (Studi Deskriptif-Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar) - Ahmad Hamidi (IKOR FPOK UPI)
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Jasmani (Studi Deskriptif-Pengembangan Alat Ukur Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar)


Created by :
Ahmad Hamidi (IKOR FPOK UPI)

Subject : Guru Pendidikan Jasmani

[ Description ]

Penelitian ini memiliki tujuan utama mengembangkan alat ukur baku kecerdasan emosi yang cocok untuk guru penjas SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Pengembangan dengan teknik kuantitatif-kualitatif. Populasi sebanyak 500 orang guru penjas SD di Kota Cimahi dan Kota Sukabumi, dengan sampel sebanyak 100 orang diambil secara random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Emotional intelligence secara konseptual merupakan karakter individu yang berhubungan dengan kebutuhan, dorongan, sekaligus kemampuan untuk mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi diri dengan tepat, serta bagaimana mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi itu sendiri terbagi pada 13 dimensi., 2) Alat ukur tersebut dikembangkan berupa pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan. Setiap pilihan menggambarkan preferensi atas setiap dimensi emotional intelligence dan antar pilihan itu bersifat ordinal dari mulai yang sangat menggambarkan sampai dengan tidak menggambarkan karakter yang diukur. Penentuan bobot skor untuk setiap pilihan ditentukan dengan menggunakan sucessive interval method., 3) Sebagian besar item yang dikembangkan memiliki tingkat keterbacaan tinggi dan memadai sebagai alat ukur kecerdasan emosi guru penjas SD terutama berdasarkan judgement pakar yang telah dilakukan., 4) Item yang terpilih menjadi 69 butir, sisanya sebanyak 31 butir dinyatakan tidak memadai (tidak valid). Item-item yang tidak terpilih tersebut adalah nomor 1, 3, 4, 11, 15, 16, 18, 19, 22, 26, 33, 35, 36, 41, 43, 44, 45, 46, 47, 48, 49, 50, 51, 53, 55, 56, 64, 71, 90, 95, dan 99. indeks reliabilitas item yang telah dinyatakan valid sebesar 0,950 dengan SEM sebesar 6,870. Hal tersebut menunjukkan bahwa item-item tersebut memiliki keajegan yang handal.

Keyword : Kecerdasan,emosional.
Journal : Jurnal Keolahragaan Vol. 1, No 1 (2015)
Date Create : April 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1174
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal