Pengaruh Aktivitas Bersepeda Terhadap Kemampuan Short Term dan Long Term Memory (Studi Kasus Pada Komunitas Bike to Work Bandung) - Unun Umaran (PJKR FKIP Unisma Bekasi)
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

Pengaruh Aktivitas Bersepeda Terhadap Kemampuan Short Term dan Long Term Memory (Studi Kasus Pada Komunitas Bike to Work Bandung)


Created by :
Unun Umaran (PJKR FKIP Unisma Bekasi)

Subject : Memory

[ Description ]

Penelitian dilakukan karena beberapa teori mengatakan aktivitas fisik mampu memberikan pengaruh positif terhadap fungsi kognitif. Dan sebaliknya apabila kurang gerak atau tidak melakukan aktivitas fisik akan mengakibatkan penurunan daya ingat (demensia). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pengaruh aktivitas bersepeda terhadap kemampuan short term memory dan long term memory. Metode penelitian menggunakan Ex Post Facto. Sampel penelitian adalah anggota komunitas bike to work bandung antara usia 20 sampai 35 tahun berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrument yang digunakan adalah letter test untuk kemampuan short term memory dan Word test untuk kemampuan long term memory. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 17 dengan alat uji yang digunakan antara lain: uji normalitas dengan Kolomogorov-Smirnov, uji homogenitas dengan Lavene stastistic, dan uji independent samples test untuk melihat perbedaan skor rata-rata kelompok sampel. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan kelompok bersepeda lebih baik dibandingkan dengan kelompok bermotor (kontrol). Untuk kemampuan short term memory (memori jangka pendek): 93,53 Vs 91,03 dengan nilai t = 2,144 (0,036) (p<0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara short term memory kelompok bersepeda dengan kelompok kontrol. Dengan kata lain aktivitas bersepeda memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan short term memory. Sedangkan untuk kemampuan long term memory (memori jangka panjang): 75,53 Vs 63,97 dengan nilai t = 2,996 (0,004) (p<0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara long term memory kelompok bersepeda dengan kelompok kontrol. Dengan kata lain aktivitas bersepeda memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan long term memory.

Keyword : Aktivitas Besepeda, Short Term Memory, Long Term Memory.
Journal : Jurnal Keolahragaan Vol. 1, No 1 (2015)
Date Create : April 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1178
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal