Pengaruh Latihan Wheelbarrow Drill Terhadap Peningkatan Keseimbangan dan Kelincahan Tubuh Bagian Atas - Hendra Rustiawan (PJKR FKIP Unigal)
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

Pengaruh Latihan Wheelbarrow Drill Terhadap Peningkatan Keseimbangan dan Kelincahan Tubuh Bagian Atas


Created by :
Hendra Rustiawan (PJKR FKIP Unigal)

Subject : Latihan Wheelbarrow Drill

[ Description ]

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan keseimbangan dan kelincahan tubuh bagian atas. Latihan wheelbarrow drill ini untuk mengembangkan keseimbangan dan kelincahan tubuh bagian atas terutama pada ke dua lengan dan bahu, selain itu juga dapat mengembangkan kekuatan pada bagian bagian perut dan lingkar pinggang (core) terutama pada pinggang bagian belakang. Kelincahan yang terdapat pada ke dua lengan tidak bisa dikatakan ringan karena mendapatkan beban dari seluruh tubuh, sehingga kerja otot lengan atas terutama otot triceps dan otot bahu cukup banyak mengeluarkan energi, disinilah keseimbangan tubuh teruji terutama pada gerakan merubah arah dan posisi tubuh yang berlawanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengolahan data yang dipergunakan adalah SPSS seri 22 menggunakan analisis pair sample t-test. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang siswa SD.N 2 Linggajati Ciamis dari gabungan kelas 4 dan 5 hasil dari teknik purposive sampling. Rata-rata tes awal daviest test adalah 15.03, dan rata-rata tes akhir adalah 16.20, sedangkan rata-rata tes awal kelompok daviest test adalah 15.93 dan rata-rata tes akhir adalah 16.83. Terdapat pengaruh yang signifikan dari proses latihan wheelbarrow drill terhadap peningkatan keseimbangan dan kelincahan dengan nilai probabilitas (sig.) 0.000 < 0.05. Maka hasil penelitian wheelbarrow drill menunjukan adanya pengaruh secara nyata (signifikan) terhadap peningkatan kesimbangan dan kelincahan pada siswa SD.N Linggajati Ciamis.

Keyword : Wheelbarrow Drill, Daviest Test, Keseimbangan, Kelincahan.
Journal : Jurnal Keolahragaan Vol. 1, No 1 (2015)
Date Create : April 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1181
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal