Pengaruh Outdoor Education dengan Permainan di Alam Terbuka Melalui Experiential Learning Terhadap Perubahan Kepercayaan Diri Siswa Khususnya Aspek Keyakinan Akan Kemampuan Diri dan Optimis Siswa - Dede Iman Suhendra (PJKR FKIP Unigal)
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

Pengaruh Outdoor Education dengan Permainan di Alam Terbuka Melalui Experiential Learning Terhadap Perubahan Kepercayaan Diri Siswa Khususnya Aspek Keyakinan Akan Kemampuan Diri dan Optimis Siswa


Created by :
Dede Iman Suhendra (PJKR FKIP Unigal)

Subject : Outdoor Education

[ Description ]

ABSTRAK Banyaknya permasalahan di Sekolah yang dihadapi siswa dapat menjadikan suatu kendala dalam proses pendidikan untuk menjadi lebih baik, pengembangan pendidikan dari waktu ke waktu semakin beragam dan bervariasi, untuk menimbulkan kegairahan belajar siswa dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui kegiatan Outdoor Education yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mengkaji tentang pengaruh Outdoor Education terhadap perubahan kepercayaan diri siswa dan aspek-aspek didalamnya khususnya aspek keyakinan akan kemampuan diri dan optimis siswa melalui permainan di alam terbuka dengan metode pembelajaran experiential learning. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 118 orang dan sample yang digunakan sebanyak 40 orang siswa dari Sekolah Menengah Pertama Yayasan Wanita Kereta Api Bandung, yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 20 orang kelompok eksperimen dan 20 orang kelompok kontrol. Model desain eksperimen dalam penelitian ini adalah desain kelompok pembanding prates - pascates beracak (Randomized Pretest - Posttest Comparison Group Design). Instrument dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket kepada kedua kelompok pada awal dan akhir penelitian, untuk mendapatkan informasi dan data yang jelas digunakan Skala Likert dan memberikan perlakuan Outdoor Education kepada kelompok eksperimen berupa permainan di alam terbuka. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 3 minggu (12 kali pertemuan), diperoleh nilai rata-rata Gain Score kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol, dengan perolehan t hitung lebih besar dari t tabel, hal tersebut menunjukan bahwa data tes signifikan dan kegiatan Outdoor Education berpengaruh positif terhadap perubahan kepercayaan diri dan aspek-aspek di dalamnya khususnya aspek keyakinan akan kemampuan diri dan optimis siswa menjadi lebih baik. Dilihat dari hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa kegiatan Outdoor Education melalui permainan di alam terbuka dapat dijadikan salah satu kegiatan pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Keyword : Outdoor Education, Experiental Learning, Kepercayaan Diri, Optimis.
Journal : Jurnal Keolahragaan Vol. 1, No 1 (2015)
Date Create : April 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1182
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal