PENERAPAN HAK-HAK TERSANGKA DALAM PROSES PENYIDIKAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA - Anda Hermana, S.H., M.H.
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PENERAPAN HAK-HAK TERSANGKA DALAM PROSES PENYIDIKAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA


Created by :
Anda Hermana, S.H., M.H.

Subject :

[ Description ]

Hukum Acara Pidana mempunyai tujuan yaitu mencari dan mendapatkan atau setidak-tidaknya mendekati kebenaran materiil, ialah kebenaran selengkaplengkapnya dari suatu perkara pidana dengan menerapkan ketentuan hukum acara pidana secara jujur dan tepat dengan tujuan untuk mencari siapakah pelaku yang dapat didakwakan melakukan suatu pelanggaran hukum, dan selanjutnya meminta pemeriksaan dan putusan dari pengadilan guna menemukan apakah terbukti bahwa suatu tindak pidana telah dilakukan dan apakah orang yang didakwa itu dapat dipersalahkan. Dalam melakukan penyidikan, penyidik dituntut untuk mendapatkan keterangan-keterangan baik dari saksi atau pun tersangka untuk membuat terang tentang kejadian tindak pidana guna menemukan pelakunya dan dalam hal ini penyidik walaupun diberikan kewenangan yang seluas-luasnya dalam penyidikan namun harus memperhatikan hak-hak tersangka dan harus sesuai dengan hak kasasi manusia. Sebelum seseorang tersangka/terdakwa diputus bersalah harus dan wajib diperlakukan sebagai orang yang tidak bersalah. Oleh karena itu, hak-hak tersangka, harkat dan martabat tersangka sebagai manusia harus dihormati dan dijunjung tinggi oleh petugas penyidik. Dalam Konteks ini, proses interogasi/menggali keterangan dari tersangka, tidak boleh dilakukan dengan melanggar hak-hak tersangka, apalagi melanggar harkat dan martabat tersangka sebagai manusia atau apa yang di sebut sebagai Hak Asasi Manusia.

Keyword : Hak-hak Tersangka, Penyidikan, Hak Asasi Manusia.
Journal : Jurnal Ilmiah Galuh Justisi 3.1 Vol. 3, No 1 (2015)
Date Create : Maret 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1652
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal