PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 - H. Dudung Mulyadi, S.H., M.H.
Home | About | Latest | Archive | Visitor
Total of Records : 1438 Collections
<< Back

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DALAM PROSES PENYIDIKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012


Created by :
H. Dudung Mulyadi, S.H., M.H.

Subject :

[ Description ]

Fakta-fakta hukum yang sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat adalah permasalahan yang terkait anak, yang dihadapkan dengan permasalahan penanganan anak yang diduga melakukan tindak pidana. Proses Peradilan Pidana Anak dengan peradilan orang dewasa pada umumnya, identik ada perbedaan. Kategori anak dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Anak yang berhadapan dengan hukum adalah anak yang berkonflik dengan hukum, anak yang menjadi korban tindak pidana, dan anak yang menjadi saksi tindak pidana. Perlindungan hukum terhadap anak dalam proses peradilan dilakukan dimulai semenjak tingkat penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pemeriksaan di sidang pengadilan sampai pada pelaksanaan putusan pengadilan tersebut. Selama proses peradilan tersebut , maka hak-hak anak wajib dilindungi oleh hukum yang berlaku dan oleh sebab itu harus dilakukan secara konsekuen oleh pihak-pihak terkait dengan penyelesaian masalah anak nakal tersebut yang diatur dalam Undangundang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak , terdapat tugas-tugas penyidik yang berhubungan dengan tugas yang meliputi proses penangkapan dan penahanan terhadap anak yang diduga melakukan tindak pidana.

Keyword : Perlindungan, Peradilan Anak .
Journal : Jurnal Ilmiah Galuh Justisi 3.2 Vol. 3, No 2 (2015)
Date Create : September 2015
Permalink : http://ejournal.unigal.ac.id/html/index.php?naon=1654
Format : pdf
Language: Indonesia
Coverage : Unigal Community
Rights : Copyright @0 by Unigal Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the Unigal Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to Unigal Library


Save Abstract to PDF | Save Abstract to DOC | Save Fulltext to PDF
Share on Facebook | Read FullText
Search
Other Journal