IMPLEMENTASI PERAN KOMITE MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN HUBUNGAN SINERGIS DENGAN KEPALA MADRASAH
Oleh : Asep Rahman


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun hubungan yang baik antara kepala madrasah dengan komite madrasah sehingga membawa pengaruh positif bagi komite madrasah dalam membantu mengoptimalkan peran sumberdaya pendidikan dalam membangun pengelolaan pendidikan yang dapat memberikan fasilitas-fasilitas bagi guru-guru dan murid untuk belajar sebaik mungkin, sehingga pembelajaran menjadi semakin efektif. Masalah yangakan digali berkenaan dengan bagaimana implementasi peran Komite Madrasah dalam menciptakan hubungan sinergis dengan Kepala Madrasah?; bagaimana hambatan-hambatan yang dihadapi?; dan bagaimana bentuk-bentuk kegiatan Komite Madrasah dalam menciptakan hubungan sinergis dengan Kepala Madrasah?. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi fenomena-fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan sehingga tergambarkan secara jelas suatu keadaan yang sebenarnya pada objek penelitian. Hasil dan kesimpulan bahwa implementasi peran Komite Madrasah dalam menciptakan hubungan sinergis dengan Kepala Madrasah pada MI di Kabupaten Ciamis menggambarkan telah terjadinya hubungan yang saling menguatkan antara peran-peran komite madrasah dengan kepala madrasah berupa partisipasi aktif komite madrasah dalam memberikan pertimbangan, mengontrol, mendukung dan menjadi penghubung mulai dari proses perencanaan program madrasah, sampai kepada evaluasi program madrasah dalam hal pemenuhan kepentingan manajemen pengelolaan madrasah. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Komite Madrasah dalam melaksanakan perannya menciptakan hubungan sinergis dengan Kepala Madrasah diantaranya lemahnya pemahaman sebagian besar pengurus komite madrasah terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang kepengurusan yang ada pada komite madrasah; sedikitnya pelatihan-pelatihan yang diperuntukan bagi pengurus komite madrasah dalam membangun pemahaman yang kuat terhadap peran dan fungsi komite madrasah; dan bentuk-bentuk kegiatan Komite Madrasah dalam melaksanakan perannya menciptakan hubungan sinergis dengan Kepala Madrasah diantaranya Komite Madrasah memberikan usulan tentang jenis kegiatan yang akan dijalankan madrasah yang telah dikaji hubungannya dengan tercapainya peningkatan mutu pendidikan; memberikan usulan tentang besar anggaran madrasah dan kemungkinan sumber dana yang dapat memenuhi kebutuhan anggran; pertimbangan mata anggaran yang relevan dengan program madrasah; telibat dalam penyusunan RKAM, memberikan pertimbangan terhadap pengelolaan pendidikan secara menyeluruh terhadap semua aspek pengelolaan pendidikan; dan memberikan pertimbangan dalam melengkapi sarana dan prasarana di madrasah.